Lomba MTQ Antar Pelajar

Di tahun 2023 perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di kecamatan Jogorogo dipenuhi dengan semangat yang lebih kuat. Selain olah raga dan berbagai kegiatan patriotik lainnya, lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) antar pelajar digelar untuk memeriahkan acara tersebut.

Bertempat di Kantor KUA Jogorogo, 18 Agustus 2023, beberapa pelajar mewakili sekolah mereka masing-masing hadir dengan antusias. Membawa mushaf, dengan semangat belajar dan tekad untuk memperingati HUT RI dengan pendalaman dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Lomba dimulai dengan sambutan dari Kepala KUA, Saifullah Huda, S.Ag, menggarisbawahi pentingnya persatuan dalam keragaman. B eliaujuga menekankan bahwa Al-Qur’an bukan hanya sebagai kitab suci agama, tetapi juga sebagai warisan budaya dan nilai-nilai yang luhur bagi bangsa Indonesia.

Para peserta, mulai dari siswa SD hingga SMA, memperebutkan juara dalam berbagai kategori, termasuk tilawah, tahfidz (penghafalan), dan tafsir (penafsiran). Suasana begitu khidmat ketika peserta memulai penampilan mereka. Mereka melafalkan ayat-ayat suci dengan penuh kekhusyukan, menampilkan kemahiran mereka dalam menghafal dan menghormati Al-Qur’an.

Sejumlah kriteria seperti tajwid, makna yang diungkapkan, dan penghayatan terhadap ayat-ayat suci menjadi faktor penentu dewan juri dalam menilai para peserta.