Lomba Gema Parut

Dengan dilatarbelakangi potensi dan manfaat pekarangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dalam rangka tercukupinya ketersediaan pangan dan gizi sekaligus dapat membantu perekonomian rumah tangga, Pemerintah Kabupaten Ngawi mencanangkan Program Gerakan Menanam Dengan Memanfaatkan Pekarangan Rumah Tangga (GEMA PARUT).

Pertama kali diluncurkan oleh Bupati Ngawi pada Desember 2021, GEMA PARUT sudah menjadi budaya lokal masyarakat untuk selalu peduli lingkungan dengan memanfaatkan pekarangan sekitar. Program ini juga sudah menyentuh masayarakat hingga level wilayah paling bawah. Setiap tahun sekali diselenggarakan Lomba Gema Parut dalam rangka revitalisasi program.

Setelah pada tahun kemarin menyandang Juara I tingkat se-Kabupaten Ngawi, pada tahun ini Kecamatan Jogorogo mendapat giliran untuk dinilai Tim Gema Parut dari Kabupaten Ngawi pada hari Rabu, tanggal 29 Mei 2024.

Bersyukur, didukung cuaca dan tipe tanah pegunungan, berbagai macam dan jenis tanaman toga tumbuh dengan baik di wilayah Kecamatan Jogorogo.