Pembentukan Desa Tangguh Bencana

Desa tangguh bencana (destana) merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Adapun tujuan pembentukan Destana adalah untuk membentuk masyarakat tangguh bencana yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi di daerah rawan bencana, menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

Desa Girimulyo dan Desa Ngrayudan tahun ini terpilih menjadi Destana untuk Kecamatan Jogorogo. Kegiatan pembentukan Destana ini diprakarsai oleh Tim Destana dari Kabupten Ngawi dan Tim Destana dari Provinsi Jawa Timur, berlangsung pada tanggal 21 dan 22 Mei 2024 dertempat di Desa Girimulyo dan Desa Ngrayudan. Kegiatan ini dibarengi dengan kegiatan penyerahan bantuan bibit tanaman dari Tim Kabupaten dan Provinsi kepada Desa, yang diserahkan langsung kepada Kepala Desa Girimulyo, Nonot Tri Wahyono.